Judul
|
ANALISIS
PENERAPAN E-BUSINESS PADA
PT. SINAR
MAS AGRO RESOURCES AND TECHNOLOGY (SMART), Tbk
|
Jumlah
Halaman
|
12
Halaman
|
Tahun
|
2008
|
Penulis
|
Puspa
Rani
|
Latar Belakang
|
E-bisnis
(Electronic Business, atau "E-business") dapat diterjemahkan
sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis
dengan menggunakan sistem informasi komputer (Wikipedia Indonesia). Definisi
lain mengatakan e-business adalah mengelola bisnis di internet yang terkait
dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi
antar rekan bisnis. Istilah e-business pertama kali digunakan salah satunya
oleh IBM pada tahun 1997. (SearchCIO.com). Dengan demikian, e-bisnis dapat
diartikan sebagai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh
organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan
mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan—dapat
berupa berupa keamanan, fleksibilitas, integrasi, optimasi, efisiensi,
atau/dan peningkatan produktivitas dan profit.
Penerapan
e-bisnis pada suatu unit usaha sebenarnya dapat menimbulkan keuntungan atau
kerugian bagi unit usaha yang dimaksud. Terkadang permasalahan ini menjadi
dilema yang harus diselesaikan oleh manajemen. Pada satu sisi, teknologi ini
akan sangat menguntungkan penjualan. Promosi dapat dilakukan secara meluas.
Sampai pada efesiensi tenaga kerja, secara tidak langsung. Namun, bagi
beberapa unit usaha, penerapan e-bisnis cenderung akan mengakibatkan kerugian.
Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan teknologi ini
sangat tinggi. Bahkan bisa lebih tinggi daripada keuntungan yang diperoleh
dari penerapan e-bisnis itu sendiri. Sehingga hal ini tidak memenuhi teori
cost and benefit. Di mana benefit yang seharusnya diperoleh lebih besar
daripada cost yang dikeluarkan.
Hal inilah yang
kemudian membuat penulis tertarik untuk melakukan analisis terhadap penerapan
e-bisnis pada sebuah unit usaha. Unit usaha yang penulis pilih untuk analisis
ini adalah PT. Sinar Mas Argo Resources and Technology (SMART), Tbk.
Perusahaan ini merupakan perusahaan manufaktur yang telah menerapkan
teknologi informasi (e-bisnis) dalam kegiatan bisnis perusahaannya
|
Tujuan Penelitian
|
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jalannya e-bisnis pada perusahaan
PT. Sinar Mas Argo Resources and Technology (SMART), Tbk
|
Profil Perusahaan
|
PT. Sinar Mas Agro
Resources and Technology (SMART), Tbk adalah sebuah perusahaan agribisnis
dengan komoditi utama berupa kelapa sawit, merupakan bagian dari
Golden Agri-Resources Limited (GAR), perusahaan komoditi kelapa sawit
terbesar di dunia yang berada di Singapore. PT. SMART, Tbk pertama kali
didirikan tahun 1962, pada saat itu bernama PT Maskapai Perkebunan Sumcama
Padang Halaban, kemudian baru pada tahun 1991 berganti nama menjadi PT. SMART
Corporation. Pada tahun 1992, pihak manajemen mengambil kebijakan untuk go
public dengan mendaftarkan sahamnya ke bursa saham Jakarta dan Surabaya.
Dengan listingnya perusahaan ini di pasar
bursa, nama perusahaan berubah menjadi PT. SMART, Tbk pada tahun 1999
berdasarkan peraturan pemerintah no. 26 tahun 1998.
|
Penerapan
|
Bagi para
investor
Baik inverstor lama maupun
investor yang akan bergabung, dapat memperoleh informasi yang sangat penting.
Melalui laporan tahunan dan hasil kuartalan, investor dapat mengetahui
bagaimana kinerja perusahaan. Informasi-informasi dan pengumuman lainnya yang
dimuat akan memberikan sinyal kepada investor untuk mengambil keputusan.
Informasi-informasi seperti ini dapat diakses secara cepat oleh investor.
Bagi para
konsumen
Konsumen tentunya tidak terlalu
tertarik dengan informasi-informasi keuangan perusahaan. Oleh karena itu,
perusahaan memberikan kolom khusus bagi konsumen untuk mengetahui berbagai
produk yang ditawarkan. Melalui situs ini, konsumen semakin dapat mengenal produk-produk
yang ditawarkan perusahaan. Kemudian mengetahui lebih dalam mengenai
keunggulan-keunggulan yang dimiliki produk tersebut. Selain itu, para
konsumen juga disuguhkan berbagai resep masakan yang dapat dibuat menggunakan
produk yang ditawarkan sehingga mendorong konsumen untuk membeli produk
tersebut. Hal ini akan memberi keuntungan bagi perusahaan. Dapat dikatakan
pula situs ini menjadi sarana promosi terhadap konsumen.
Bagi para
pencari kerja
Para pencari kerja dapat
memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan di PT. SMART, Tbk. Para
pencari kerja yang berminat dapat mendaftarkan diri secara online
melalui situs ini. Hal ini memudahkan para pencari kerja dalam hal pengiriman
surat lamaran yang hemat dan cepat, serta lebih terjamin. Bagi perusahaan
juga merupakan kemudahan untuk mendata para pelamar yang telah masuk secara online
di komputer tanpa harus meng-entry data pelamar. Dengan demikian dapat
mempercepat proses administrasi.
|
Manfaat
|
1. Lebih dikenalnya perusahaan ini di
kalangan masyarakat yang akhirnya dapat memperluas pangsa pasar perusahaan
(sarana promosi).
2. Terbukanya kesempatan untuk
memperoleh investor lain, selain meningkatkan kepercayaan investor lama.
3. Perusahaan memperoleh kemudahan
dalam proses rekruitmen karyawan.
|
Kerugian
|
1. Adanya penambahan biaya
operasional untuk menjalankan teknologi ini.
2. Dapat terjadi missed-communication
antara manajemen perusahaan dan investor akibat kurangnya hubungan secara
langsung.
3. Perusahaan mau tidak mau harus
membuka semua informasi melalui media ini. Dengan demikian, perusahaan tidak
dapat menutup-nutupi keadaan bahkan yang kurang baik dalam diri perusahaan.
Hal ini akan memberi sinyal negatif bagi investor atau pihak lain.
|
Kesimpulan
|
Penerapan e-bisnis pada PT. SMART,
Tbk dapat dikatakan sangat baik. Karena hal ini dapat memberikan keuntungan
kompetitif bagi perusahaan. Keuntungan yang dapat diraih tidak hanya sebatas
keuntungan finansial, tapi juga keuntungan nonfinansial. Namun sayangnya, keuntungan
financial yang tercermin dari laporan keuangan tidak dapat diketahui
secara pasti. Hal ini dikarenakan dalam laporan keuangan yang dapat diamati,
baik akun biaya maupun laba usaha kurang terperinci. Hal ini mengakibatkan
tidak diketahui secara pasti berapa besar rupiah yang digunakan sebagai biaya
promosi dan lain-lain serta keuntungan yang diperoleh dari usaha e-bisnis itu
sendiri.
Dalam e-bisnis yang dijalankan,
PT. SMART, Tbk tidak memberikan fasilitas e-commerce secara langsung
bagi konsumennya. Hal ini mengingat bahwa perusahaan ini adalah
perusahaan manufaktur yang besar. Karakteristik perusahaan yang seperti ini
akan menyulitkan perusahaan jika diharuskan untuk melayani penjualan retail
kepada konsumen. Sehingga perusahaan hanya melayani penjualan kepada agen-agen
besar langganannya, seperti hypermarket, mal-mal atau agen utama
lainnya.
|
Posting Komentar